Senin, 14 Mei 2012

BAtu Bara sebagai Bahan Bakar Alternatif Industri Tekstil


Penggunaan batu BAra sebagai bahan bakar alternatif pengganti minyak di industri tekstil mulai disarankan pemerintah erutama pemerintah jawa barat. Sebagai sumber energi alternatif, batu bara merupakan pemasok listrik di luar pasokan perusahaan listrik negara. 

Batu bara dalam industri tekstil digunakan untuk dua hal, yaitu boiller atau pemasak air pada proses pencelupan dan untuk pembangkit listrik. Listrik itu dihasilkan dan dialirkan melalui turbin, tujuannya juga sebagai boiller, Contoh nyata penggunaan batu bara ini ada di kabupaten dan Kota Bandung yang tercatat 50 dari 300 perusahaan tekstil memanfaatkan batu bara sebagai sumber energi. Dan Hampir 80 persen perusahaan tekstil yang memiliki proses pencelupan menggunakan batu bara. 


Selain dinilai sebagai bentuk penghematan energi bahan bakar minyak (BBM) yang makin langka, batu bara lebih dipilih daripada gas, karena mudah didapat dan digunakan. Alasan lainnya, penyediaan gas oleh pemerintah Indonesia masih belum optimal. Apalagi semua itu membutuhkan distribution channel yang terintegrasi dengan baik. Nah… Bagaimana anda berminat menjadikan Batu Bara sebagai Bahan Bakar Alternatif Industri Tekstil di daerah anda…,??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar