Jumat, 11 Mei 2012

4 keunggulan obat herbal di banding obat modern


  1. Keunggulan obat herbal yang Pertama adalah efektivitas obat herbal terjadi bukan oleh satu zat aktif tetapi oleh resultan efek dari zat-zat aktif dan non aktif, atau bahkan resultan zat-zat yang seluruhnya bukan zat aktif. Sementara efek samping pada obat kimia terjadi karena satu zat aktif yang memodifikasi fungsi tertentu dalam tubuh. Modifikasi fungsi yang tidak dikehendaki atau berlebih itulah yang menciptakan efek samping.
  2. Keunggulan obat herbal yang  Kedua, tiadanya efek samping dari obat herbal adalah karena banyaknya zat yang terkandung dalam satu tanaman, sehingga setiap zat itu konsentrasinya relatif kecil atau dosisnya relatif kecil. Berdasarkan prinsip paracelsus; dosis sola fecit venenum, atau dosislah yang menentukan sesuatu menjadi racun, karena dosis setiap zat dalam tanaman obat relatif kecil maka tidak toksik.
  3. Keunggulan obat herbal yang berikutnya tentu saja harga yang relatif murah. Bisa menjadi sangat murah jika bisa menanam atau mencari sendiri di kebun-kebun. Tetapi jika harus diperoleh dalam bentuk simplisia tentu jadi lebih mahal. Tentu akan menjadi lebih mahal, jika sudah diolah, tetapi umumnya tetap lebih murah jika dilihat efektifitasnya.
  4. Keunggulan obat herbal yang  Selanjutnya adalah sifat tanaman obat yang aman ini menyebabkan dalam penggunaannya tidak dibutuhkan pengawasan yang ketat sehingga sering pengobatannya tidak dibutuhkan pengawasan yang ketat dan tidak dibutuhkan bantuan tenaga medis atau para medis, tetapi cukup oleh anggota keluarga sendiri jika diagnosa sudah jelas.

Dari uraian pemahaman kita bersama tentang aman serta efektifnya penggunaan Tanaman Obat sebagai obat diatas, untuk itu adalah sangat aneh bila ada yang berfikir “Ketika Tuhan menciptakan manusia, beserta tempat hidup dan makanannya, tetapi Tuhan malah lupa menciptakan obatnya, untuk menanggulangi kalau manusia sakit” Pola fikir ini menyebabkan orang menunggu-nunggu hasil penelitian karena ia akan berpikir penelitian farmokologlah yang akan akan menciptakan Obat !”. Obat-obatan alam tidak dipercayai, tetapi obat-obatan yang berlandaskan teori ilmiah dipercayai dan tidak terbantah.
Teori tentang Patologi penyakit dan tentang mekanisme kerja obat lebih menarik daripada kenyataan bahwa pasien sembuh sehat wal a’fiat. Untuk itu kita harus terus belajar tentang kehebatan Obat dari sang Maha Pencipta yakni Obat alam agar pasien semakin merasakan keampuhan obat-obatan alamiah ini dan lalukemudian  mensyukuri keagungan yang Maha Kuasa.
(bioviolet.com)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar