Kamis, 17 Mei 2012

Earth Hour? Apa sih Artinyaa...


Earth Hour dalam bahasa indonesia berarti Jam bumi, namun daalam kenyataannya ia adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh WWF (World Wide Fund for Nature, yang juga dikenal sebagai World Wildlife Fund) dan diadakan pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya yang meminta rumah-rumah dan perkantoran untuk memadamkan lampu dan peralatan listrik yang tidak perlu selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran atas perlunya tindakan terhadap perubahan iklim. Earth Hour dicetuskan oleh WWF dan The Sydney Morning Herald tahun 2007 ketika 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak perlu.[1] Setelah Sydney, banyak kota-kota lain di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada tahun 2008. Earth Hour 2012 di Indonesia juga telah dilaksanakan pada 31 Maret 2012 pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat.

Sebelum 2008, San Francisco telah menjalankan program "Lights Out" setiap bulan Oktober. Namun Untuk tahun 2008, waktunya dipindahkan ke 29 Maret agar dapat bersamaan dengan Earth Hour Australia. Ini juga terjadi supaya 2008 menjadi tahun ketika Earth Hour menjadi kegiatan internasional dan San Francisco diminta sebagai kota mitra Earth Hour. Daripada memiliki acara saingan, San Francisco memutuskan mendukung Earth Hour dan semua kegiatan Lights Out sekarang menjadi bagian dari kegiatan internasional Earth Hour (Keren yaa… walaupun beda bangsa bisa tetap rukun demi bumi tercinta). Sejak Earth Hour tahun 2008 diselenggarakan hari Sabtu, banyak sekolah menengah atas di Wilayah Toronto Raya berpartisipasi dengan memadamkan setengah lampu di ruang kelas selama jam terakhir sekolah hari Jumat, 28 Maret 2008. Meskipun slogan Earth Hour 2008 secara resmi adalah, "See the difference you can make," iklan radio resmi berakhir dengan, "Dark city, bright idea."
Kampanye Earth Hour ini juga menerima publisitas gratis dari Google. Mulai 12:00 siang tanggal 29 Maret hingga akhir Earth Hour, halaman utama Google di Amerika Serikat, Kolombia, Kanada, Denmark, Irlandia dan Britania Raya menggunakan latar belakang hitam. Slogan mereka adalah, "We've turned the lights out. Now it's your turn - Earth Hour." Namun ada Sebuah kesalahpahaman populer bahwa latar belakang hitam dalam situs web mengurangi konsumsi tenaga pada monitor; monitor LCD menggunakan jumlah tenaga yang tetap tanpa melihat apa warna halaman webnya. Lain halnya dengan monitor LED Organik, meskipun tidak terlalu banyak digunakan.
Yah apapun itu, kita tetap harus mendukung setiap usaha untuk menyayangi bumi tercinta kita ini. Keep Sharing and keep greening………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar