Earth Hour dalam bahasa indonesia berarti Jam
bumi, namun daalam kenyataannya ia adalah sebuah kegiatan global yang diadakan
oleh WWF (World Wide Fund for Nature, yang juga dikenal sebagai World Wildlife
Fund) dan diadakan pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya yang meminta
rumah-rumah dan perkantoran untuk memadamkan lampu dan peralatan
listrik yang tidak perlu selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran atas
perlunya tindakan terhadap perubahan iklim. Earth Hour dicetuskan oleh WWF
dan The Sydney Morning Herald tahun 2007 ketika 2,2 juta
penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak perlu.[1] Setelah
Sydney, banyak kota-kota lain di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada tahun
2008. Earth Hour 2012 di Indonesia juga telah dilaksanakan pada 31 Maret
2012 pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat.
Sebelum 2008, San Francisco telah menjalankan program "Lights
Out" setiap bulan Oktober. Namun Untuk tahun 2008, waktunya dipindahkan ke
29 Maret agar dapat bersamaan dengan Earth Hour Australia. Ini juga terjadi
supaya 2008 menjadi tahun ketika Earth Hour menjadi kegiatan internasional dan
San Francisco diminta sebagai kota mitra Earth Hour. Daripada memiliki acara
saingan, San Francisco memutuskan mendukung Earth Hour dan semua kegiatan
Lights Out sekarang menjadi bagian dari kegiatan internasional Earth Hour
(Keren yaa… walaupun beda bangsa bisa tetap rukun demi bumi tercinta). Sejak
Earth Hour tahun 2008 diselenggarakan hari Sabtu, banyak sekolah menengah atas
di Wilayah Toronto Raya berpartisipasi dengan memadamkan setengah lampu di
ruang kelas selama jam terakhir sekolah hari Jumat, 28 Maret 2008. Meskipun
slogan Earth Hour 2008 secara resmi adalah, "See the difference you can
make," iklan radio resmi berakhir dengan, "Dark city, bright
idea."
Kampanye Earth Hour ini juga menerima publisitas gratis dari
Google. Mulai 12:00 siang tanggal 29 Maret hingga akhir Earth Hour, halaman
utama Google di Amerika Serikat, Kolombia, Kanada, Denmark, Irlandia dan
Britania Raya menggunakan latar belakang hitam. Slogan mereka adalah,
"We've turned the lights out. Now it's your turn - Earth Hour." Namun
ada Sebuah kesalahpahaman populer bahwa latar belakang hitam dalam situs web
mengurangi konsumsi tenaga pada monitor; monitor LCD menggunakan jumlah tenaga
yang tetap tanpa melihat apa warna halaman webnya. Lain halnya dengan monitor
LED Organik, meskipun tidak terlalu banyak digunakan.
Yah apapun itu, kita tetap harus mendukung setiap usaha
untuk menyayangi bumi tercinta kita ini. Keep Sharing and keep greening………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar