Kamis, 07 Juni 2012

Riwayat penggunaan energi terbarukan Di Dunia


Dirangkum dari Wikipedia.
Sepanjang sejarah Manusia, setidaknya ada 6 macam energi terbarukan dan tak-terbarukan telah digunakan.
  1. Kayu adalah bahan bakar paling tua dalam sejarah manusia, yang digunakan sebagai sumber energi panas lewat pembakaran, bahkan hingga kini masih digunakan. Kayu bakar digunakan saat memasak dan menghangatkan ruangan sehingga manusia dapat bertahan di cuaca dingin. Jenis kayu tertentu digunakan khusus untuk mengawetkan makanan dengan cara dipanggang kering atau diasap sehingga makanan tidak basi atau rusak dalam waktu yang relatif lama. Kemudian, ditemukan bahwa pembakaran parsial dalam kondisi miskin oksigen untuk menghasilkan arang, yang dapat memberikan panas secara lebih kompak portabel. Namun, energi ini kurang efisien karena membutuhkan bahan baku kayu/ pohon dalam jumlah besar untuk membuat arang.
  2. Tenaga Hewan untuk menarik gerobak/ kereta dan alat-alat mekanik tradisional pada awalnya memanfaatkan tenaga hewan. Hewan seperti kuda, sapi atau kerbau sejak dulu telah dimanfaatkan sebagai tenaga transportasi dan penggerak pabrik. Hingga kini, di berbagai belahan dunia masih banyak penggunaan hewan untuk tujuan ini.
  3. Tenaga Air yang kemudian perannya digantikan kekuatan hewan untuk pabrik, di mana pun kekuatan air jatuh di sungai itu dimanfaatkan. Daya air melalui listrik tenaga air terus menjadi yang paling efisien dalam  metode penyimpanan dan menghasilkan energi yang utuh di seluruh dunia. Dimasa sejarah maupun saat ini, listrik tenaga air menyediakan lebih banyak energi terbarukan dibanding sumber terbarukan lainnya.
  4. Minyak Hewani, terutama minyak yang berasal dari ikan paus yang sudah lama dibakar yang biasanya digunakan sebagai minyak untuk lampu.
  5. Tenaga Angin, sumber energy ini telah digunakan selama beberapa ratus tahun. Ini pada awalnya digunakan melalui layar besar yang biasa dikenal dengan sebutan kincir angin dengan pisau bergerak lambat, seperti yang terlihat banyak di negeri Belanda. Pabrik besar ini biasanya baik dipompa dengan menggunakan kekuatan air. Pada awalnya ia hanya digunakan untuk memompa air dari sumur. Namun Beberapa tahun terakhir terjadi perkembangan pesat dari penggunaan tenaga angin di bebrapa peternakan, mereka menggunakan turbin angin yang tinggi dan relatif bergerak lebih lambat dan teratur. Hari ini, tenaga angin merupakan sumber energi dengan pertumbuhan tercepat di dunia.
  6. Tenaga Matahari sebagai sumber energi langsung pada awalnya tidak disadari dalam lintas sejarah manusia, tapi hanya dianggap sebagai symbol kekuatan dalam masyarakat tertentu selama berabad-abad. Pada abad kedua puluh mulai dilakuan penelitian intensif terhadap pengguaan tenaga matahari baik melalui penangkapan panas dalam sistem mekanis (matahari aktif) atau konversi listrik (fotovoltaik). Dan Semakin hari tenaga matahari sudah bisa dimanfaatkan untuk panas dan listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar