Jumat, 08 Juni 2012

Saatnya Bentuk BUMN Energi Alternatif


Ada berita menarik nih sobat greener yang penulis kutip dari vivanews dimana BBM langka dan mahal,pemerintah merencanakan segera pindah ke energi alternatif seperti bioethanol atau biodesel.  Dengan membentuk BUMN energy alternative. Berita ini muncul setelah disadari Semakin mahal dan sulitnya mendapatkan bahan bakar minyak (BBM) seperti Premium, Pertamax maupun minyak tanah, membuat banyak pihak mencari cara untuk menghasilkan energi alternatif atau energi terbarukan.
Pengamat energi Dr Kurtubi menyarankan, sebaiknya pemerintah segera membentuk Badan Usaha Milik Negara yang fokus pada energi terbarukan yang sebetulnya banyak tersedia di dalam negeri. "Segera bentuk BUMN, jangan sampai swasta lebih dulu yang mengembangkan," kata dia saat dihubungiVIVAnews di Jakarta, Jumat 20 April 2012.

Menurut Direktur Center for Petroleum and Energy Economics ini, kalau energi alternatif seperti bioethanol atau biodiesel didorong untuk dikembangkan, akan menjadi sumber energi baru yang bisa mengganti BBM.

Dia menambahkan, dengan pengembangan energi alternatif tersebut, selain mempercepat peralihan penggunaan BBM ke bahan bakar gas, akan menjadi solusi pemerintah dalam mengurangi ketergantungan akan BBM yang harganya terus meningkat.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Riau ternyata telah berhasil menemukan sumber energi baru yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar minyak. Sumber energi baru ini dibuat dari hasil pengolahan air pohon Nipah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar